Tulisan ini adalah pembuka untuk kategori Romance yang efektif akan saya isi mulai bulan Juni 2007. Isinya nanti bisa berupa cerpen, cerbung, serial atau skenario. Untuk karangan pendek atau puisi-puisi ngaco akan saya buang pada kategori Personifikasi. Kategori Romance ini saya khususkan untuk menampung obsesi yaitu menjadikan Blog sebagai sarana berbagi cerita fiksi. Saya tidak akan meributkan soal HAKI untuk tujuan ini. Yah syukur-syukur ada yang tertarik untuk mengangkat dan mengolahnya menjadi skenario film pendek atau serial. Kategori Romance ini juga menampung obsesi saya akan penulisan cerita-cerita bernuansa realis atau berlatar belakang sejarah atau fiktif namun logis.

Saya hanya akan menuliskan cerita-cerita sederhana yang kira-kira gampang dikonversi menjadi skenario. Sebab saya memang tidak punya keahlian untuk menulis cerpen kompleks ala Putuwijaya apalagi novel-novel berat ala NH.Dini. Saya juga bukan tipe penulis buku tebal ala Supernova-nya Dewi Lestari. Satu-satunya tulisan saya yang paling tebal hingga saat ini hanyalah skripsi saya😀 . Saya juga tidak keberatan jika nanti tulisan saya hanya cocok untuk konsumsi remaja. Tapi tak apalah, paling tidak bisa memuaskan obsesi saya untuk menulis cerita yang rada logis, ketimbang tidak berbuat apa-apa dan rajin pula menghujat sinetron televisi atau film nggak mutu tiap hari.

Kenapa kategori ini saya beri nama Romance? Yaah, bukan apa-apa juga, yang penting kedengarannya enak (walaupun sok british😀 ). Terus terang saya memang suka dengan roman-roman ala tahun 1920-an. Sinetron Siti Nurbaya yang tayang perdana tahun 1990-an menurut saya adalah formulasi tepat untuk bertutur dalam bentuk seni peran. Tidak terlalu panjang, cukup masuk akal, tidak gantung dan tidak membosankan (ini pendapat subjektif saya). Lalu apakah di kategori ini akan muncul cerita-cerita romantis? May be Yes!, May be No. Karena romance sendiri hanya berarti cerita, narasi, fiksi, legenda atau fable. Kalau nggak percaya silahkan ketik kata romance di MS Word lalu pencet Shift+F7 di keyboard.

OK, Kembali ke judul diatas, untuk kali pertama saya akan mengangkat cerita yang di inspirasi oleh sosok misterius Camelia yang sangat populer itu. Memang figur dalam lagu Ebiet G. Ade yang sangat terkenal ini sudah pernah dibikin sinetron sebelumnya. Tapi saya kok kurang puas, sehingga terinspirasi untuk membuat pemerintahan transformasi tandingan. Dari dulu saya sudah sangat menyukai serial lagu ini, dan sangat terobsesi untuk menerjemahkannya kedalam cerpen atau skenario.

Sebagai bocoran awal, figur Camelia dalam versi saya berasal dari keluarga petani bunga di Jawa Barat sana, sehari-hari ia yang menangani penjualan dan berurusan dengan delivery-delivery toko florist di Jakarta. Nah salah satu delivery inilah yang nanti akan kecantol sama Camelia dan kebetulan dia adalah mahasiswa IKJ jurusan musik. Dan seterusnya…