Pada akhirnya saya bisa memahami kenapa teman-teman kecil saya (teman saya waktu kecil) berbondong-bondong bercita-cita sebagai tentara atau pulisi. Dulu sih saya berpikir, aneh betul mereka itu, memangnya dapat apa sih jadi tentara/pulisi. Tapi mangkin hari saya mangkin sadar bahwa kanca-kanca saya itu sebenarnya bijaksana sekali meskipun masih cilik. OK, inilah beberapa keuntungan atau fasilitas yang ditawarkan oleh profesi yang langsung mengubah status pemilik profesi itu menjadi warga negara kelas satu (premium class citizen).

  1. Gratis naik angkutan umum jenis angkot, angdes, AKDP maupun AKAP. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan bisa diperluas untuk angkutan umum jenis busway maupun bajaj.
  2. Discount antara 15%-20% untuk angkutan umum jenis pesawat udara, kereta api, dan pelni.
  3. Bebas kebut-kebutan dijalan raya karena peraturan tilang hanya diperuntukkan bagi warga negara kelas dua dan segala macam pelanggaran hanya mungkin dilakukan oleh warga negara kelas dua.
  4. Halal mendapatkan penghasilan tambahan diluar profesi resmi, serta diperbolehkan untuk memiliki tempat-tempat khusus mendulang uang, seperti perempatan-perempatan dan tikungan-tikungan.
  5. Halal membackingi usaha-usaha maksiat jika dalam keadaan ”darurat”, misalnya tempat prostitusi atau perjudian.
  6. Dikagumi masyarakat sebagai pencinta perdamaian. Berhak menerima kompensasi materi setiap kali masyarakat mengucapkan kata ”damai”. Damai itu Sejahtera.
  7. Boleh bermain-main dengan senjata api tanpa perlu mengkhawatirkan orang lain tertembak.
  8. Kebal hukum pada kasus-kasus tertentu yang disepakati.
  9. Boleh mengeroyok dan menyerang rame-rame objek-objek tertentu atas nama solidaritas tanpa perlu mempertimbangkan aspek hukum. Ingat, hukum itu hanya makanan warga negara kelas dua.
  10. Hukuman (jika lagi apes) terberat adalah dipindahkan menjadi staff ahli di markas besar masing-masing.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjadi premium class citizen? OK, penawaran termurah saat ini berkisar sekitar 30-35 jt untuk kelas bintara. Untuk tipe-tipe lainnya, silahkan hubungi markas besar terdekat untuk informasi selengkapnya.