“Kepunahan manusia akan dimulai dari penyeragaman di semua lini”

Mainstream! Kata ini sekonyong-konyong menjadi monster bagi saya. Saya merasa tidak bersalah telah membaiat dan membaptist kata ini menjadi penyebab utama tersesatnya berjenis-jenis manusia kejurang kebingungan, keputusasaan dan kehancuran. Makhluk ini pulalah yang telah menyebabkan beragam-ragam manusia merasa dikutuk, tidak hoki, perlu diruwat bahkan merasa dirinya dianaktirikan oleh Tuhan [kenyataannya Tuhan sendiri tidak punya anak, apalagi anaktiri:mrgreen: ]

Kian banyak manusia modern merasa tidak berada ditempat dia berpijak dan segera ingin merubah keadaan. Dalam segala aspek kehidupan manusia merasa ada yang salah dan perlu diperbaiki. Karir, keuangan, cinta, kebahagiaan, peruntungan dan hunian adalah topik-topik sederhana yang memunculkan profesi-profesi advisor baru untuk memuaskan dahaga manusia-manusia yang tersesat dan ingin mendapat jalan cahaya. Padahal jika mereka semua tahu, mereka hanya butuh satu jalan, yaitu jalan pulang atau jalan kembali. Sejatinya topik-topik yang saya sebutkan diatas dengan segala macam profesi konsultan yang mengurusnya telah berusaha mengingatkan manusia kemana arah jalan pulang itu.

Akhir-akhir ini bermunculan buku-buku dari para trainer tersohor yang membahas langkah-langkah praktis untuk menjadi sukses. Tersebutlah buku-buku populer semacam 7 habbits, ESQ series, dan berbagai buku karya motivator lokal semacam Mbahnya Dahsyat Tung Desem Waringin ataupun Andrie Wongso. Manusia-manusia modern sangat menggemari wahyu-wahyu baru ini bahkan sangat menanti-nantikan sabda-sabda yang akan ditebar via ceramah-ceramah dalam seminar-seminar. Manusia-manusia baru begitu terpesona oleh ritual meloncat dari tempat duduk dan mengumandangkan mantera selamat pagi!, dahsyat! atau saya bisa!

Bukan, saya bukan bermaksud mengecam dan menghujat praktek-praktek demikian. Saya hanya khawatir jika manusia-manusia modern ini secara tidak sengaja telah mengkondisikan dirinya dalam keadaan “tersesat” tadi. Bagaimanapun, produk-produk buku dan ceramah itu sendiri sangat-sangat bernafaskan mainstream tadi. Makhluk yang telah saya tahbiskan sebelumnya sebagai penyebab utama tersesatnya manusia modern.

Saya menawarkan alternatif lama yang mungkin saat ini sudah terlupakan oleh manusia modern sebagai kunci sukses paling mustajab. Mulailah dengan mengenali diri sendiri, lanjutkan dengan mengenali orang lain, dan khatamkan dengan mengenali pola-pola hubungan yang mungkin terjadi diantara bermacam-macam kepribadian.

Segala macam pola hubungan makro yang ada didunia ini seperti hubungan antar perusahaan, antara karyawan dan perusahaan, antar negara dan antar-antar lainnya sesungguhnya tersusun dari ketiga pola hubungan primitif tadi.

Hindari mengikuti mainstream seperti jalan sukses yang paling laris, jenis usaha yang paling laris, jurusan kuliah yang paling laris, profesi yang paling laris, gaya hidup yang paling populer dan hal-hal lain yang bertendensi penyeragaman.

Masing-masing kita punya kunci sukses, saatnya kita mencari dan menemukan pintu-pintu yang cocok yang akan terbuka dengan mudah dengan kunci sukses punya kita sendiri. Banyak orang tersadar setelah berumur lebih dari 35 tahun dan menghabiskan hampir separoh waktu terbaiknya untuk berputar-putar dalam pusaran kebingungan. Mulailah sejak dini untuk menemukan dan mengenali diri Anda sendiri.

Ada banyak tool yang bisa dipakai untuk menemukan diri Anda. Beberapa diantaranya adalah astrologi kepribadian [untuk membedakan dengan astrologi ramalan], numerologi, fengshui dan psikologi populer. Anda bisa menemukan diri anda sebagai manusia tipe melankolis, koleris, sanguinis dan phlegmatis atau kombinasinya. Sedikit lebih kompleks Anda juga akan menemukan diri Anda sebagai salah satu dari 16 karakter INTJ, ENTJ, ENFP, INFP, ENFJ, INFJ, ESTJ, ISTJ, ESFJ, ISFJ, ENTP, INTP, ESTP, ISTP, ESFP dan ISFP.

Akan sangat membantu jika Anda melengkapi dengan mencari tahu kondisi multiple inteligence Anda dan aura anda. Juga tidak ada salahnya Anda mengecek kondisi biorhytm Anda tiap hari.

OK, arah tulisan saya sudah semakin jelas sekarang. Sedikit banyaknya menyentuh bidang psikologi populer. Namun banyak kealpaan orang adalah berhenti pada mengamati diri sendiri. Anda ingin sukses? Lanjutkan dengan mengenali lebih banyak orang lagi, lanjutkan dengan mengenali dan mengeksplorasi tipe-tipe kepribadian lain. Kaitkan dengan budaya dan visi perusahaan. Cari bentuk pola hubungan yang mungkin terjadi. Cari bidang-bidang yang karir yang membuat Anda nyaman sekaligus sukses. Jangan paksakan anak-anak Anda menjalani rute yang Anda inginkan. Biarkan mereka mencari pintu yang akan mereka buka sendiri dengan kunci sukses mereka. Bantu mereka menemukan pintu-pintu tersebut. Dan sekali lagi, sedapat mungkin hindari monster yang bernama mainstream!

 

* * * * * * *

Beberapa link yang bisa dijadikan pancingan …

http://www.mypersonality.info/

http://typelogic.com/