Apa kelebihan/kekuatan utama Anda ?

JEBAKAN : Pertanyaan ini tampak seperti pertanyaan pancingan, namun hati-hati, Anda jangan sampai merasa bisa dan besar kepala dulu. Justru inilah saatnya Anda untuk memperlihatkan diri Anda sebagai pribadi yang rendah hati.

JAWABAN TERBAIK : Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, strategi utama Anda adalah mengetahui apa yang diinginkan sebenarnya oleh pewawancara sebelum Anda menjawab pertanyaan yang diajukan.

Dalam setiap wawancara, Anda harus siap secara mental untuk pertanyaan ini. Persiapkan juga sedikitnya satu atau dua contoh yang menggambarkan masing-masing kekuatan. Pilihlah contoh yang paling aktual dan prestasi yang paling membanggakan.

Pastikan Anda punya daftar jawaban dari pertanyaan ini berikut contohnya yang bersesuaian dan usahakan untuk mengingatnya dalam pikiran Anda, sehingga kapanpun Anda diajukan pertanyaan ini, Anda akan dapat menjawabnya dengan sigap dan mantap.

Jadi begitu Anda mengetahui keinginan sang pewawancara, Anda dapat secara cepat memilih dan menceritakan kekuatan Anda yang paling cocok dengan yang diinginkannya.

Sebagai panduan umum, berikut adalah 10 karakteristik yang paling diinginkan oleh perusahaan/pewawancara dari kandidat :

  1. Pencapaian yang dapat dibuktikan, khususnya jika pencapaian Anda tersebut bersesuaian dengan keinginan utama perusahaan.
  2. Kecerdasan dan kemampuan manajemen.
  3. Kejujuran, integritas dan pribadi yang santun.
  4. Kecocokan dengan budaya perusahaan, pribadi yang terlihat nyaman berada ditengah-tengah pewawancara.
  5. Menunjukkan minat dan rasa suka, bersikap positif dan punya selera humor.
  6. Kemampuan komunikasi yang bagus.
  7. Dedikasi dan kemauan untuk melangkah lebih maju untuk mencapai keberhasilan.
  8. Tujuan yang pasti dan jelas.
  9. Semangat besar dan motivasi tinggi.
  10. Percaya diri dan berkualitas pemimpin.