Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sekarang?

JEBAKAN : Jangan pernah sekalipun Anda menjelek-jelekkan perusahaan tempat Anda bekerja sekarang/terdahulu, bidang usahanya, direksi, bekas bos Anda, karyawan atau bahkan pelanggan dan client Anda. Peraturan ini adalah mutlak dan tidak boleh diganggu gugat, jangan pernah menceritakan sesuatu yang negatif tentang apapun! Setiap lumpur yang Anda tebarkan hanya akan mengotori pakaian Anda sendiri.

Secara khusus hindari kata-kata seperti konflik personal, tidak dapat membina hubungan baik atau kata-kata lainnya yang memberikan kesan jelek terhadap kompetensi, integritas dan temperamen Anda.

JAWABAN TERBAIK : Jika pada saat ini Anda sedang bekerja  dan Anda belum 100% yakin akan meninggalkan perusahaan tempat Anda bekerja sekarang, jangan khawatir untuk mengatakannya. Selama Anda masih memiliki pekerjaan, posisi Anda lebih kuat daripada tidak memiliki pekerjaan. Tapi Anda jangan malu-malu atau berbasa-basi kalau Anda mengharapkan kesempatan yang lebih baik. Sekedar mengingatkan seperti yang telah seringkali diuraikan, jawaban Anda akan lebih kuat jika Anda sebelumnya telah mengetahui seluk beluk tentang posisi ini dan mampu mencocokkan kualifikasi Anda dengan yang diinginkan.
Jika pada saat ini Anda sedang tidak memiliki pekerjaan, jangan sekali kali berbohong jika Anda pernah dipecat. Kebohongan tentang hal ini adalah tidak etis dan sangat mudah sekali dideteksi. Namun tidak mengapa jika Anda mengungkapkan alasan pemecatan itu menurut pandangan pribadi Anda. Jika Anda pernah dipecat dikarenakan adanya perubahan kepemilikan dalam perusahaan, merger atau perampingan divisi maka hal ini tidaklah akan merugikan Anda saat wawancara.

Meskipun begitu usahakan untuk menunjukkan profesionalisme Anda dan gambarkan bahwa Anda dapat menerima keputusan perusahaan Anda terdahulu, meskipun itu pahit. Pernyataan seperti ini akan menggambarkan Anda sebagai pribadi yang kuat, diatas rata-rata dan berdaya juang tinggi sehingga mampu menyembuhkan diri sendiri dari luka karena pemecatan tersebut.

Intinya, pastikan Anda mempersiapkan alasan yang ringkas dan jelas mengenai alasan anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.

ALASAN TERBAIK : Untuk meningkatkan penghasilan, mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk berkembang.