September 14, 2011 pukul 11:41 am saya menerima sebuah SMS dari funzone. Sadar bahwa ini adalah SMS dari content provider dan tidak berminat untuk registrasi content apapun, saya langsung menghapus SMS ini setelah membukanya. Saya ingat betul tidak mengklik apapun atau menelusuri link yang ada dalam SMS ini jika ada.

Ajaibnya, hanya dengan melakukan hal tersebut pulsa saya ternyata telah berkurang sebanyak Rp 3.300,-. Saya segera menghubungi Call Center Indosat di nomor 100 dengan biaya Rp 400,-/panggilan untuk menelusuri jenis transaksi apa yang baru terjadi.

Menurut petugas Call Center Indosat, saya baru saja menerima content dari layanan 9192 (Funzone) pada September 14, 2011 pukul 11:41 am. Content/SMS yang diterima ini dapat dihentikan dengan perintah:

STOP kirim ke 9192 (biaya RP 550,-)

Ketika saya menanyakan kapan saya melakukan registrasi untuk layanan ini, petugas Call Center menjelaskan bahwa itu diluar pengawasan Indosat. Hal yang sangat sulit diterima akal sehat ketika Indosat punya data transaksi terakhir namun tidak punya data kapan pelanggannya registrasi untuk sebuah layanan yang berjalan di atas jaringannya.

Petugas Call Center Indosat juga berteori bahwa kemungkinan registrasi terjadi pada saat:

  • Mengakses layanan waptrick via GPRS (saya tidak pernah melakukannya)
  • Nomor handphone saya dimasukkan seseorang pada sebuah layanan web dan dianggap langsung sebagai registrasi (agak menyeramkan juga jika hal ini benar-benar terjadi, bayangkan: fitur ini bisa menjadi sarana keisengan seseorang)

Akhirnya saya berkesimpulan (setelah dirugikan Rp 3.850,-) bahwa Indosat pasti tahu soal layanan 9192 ini dan para petugas Call Center sudah ditraining untuk pura-pura tidak tahu proses registrasinya. Mereka cuma akan “berbaik hati” memberi tahu cara UNREG dari  9192.

Anda masih percaya bahwa ada operator yang tidak tahu menahu tentang layanan content provider yang malang melintang di jaringan mereka?

Peringatan

Berdasarkan postingan kaskus di bawah ini ada beberapa kasus yang mungkin terjadi:

  1. Layanan sejenis juga datang dari nomor 9551 (layanan Bola)
  2. Kasus ini hanya terjadi pada operator Indosat
  3. Perintah UNREG sering tidak sukses
  4. Perintah yang dikonfirmasi sukses adalah UNREG FUN atau  STOP, kirim ke 9192
  5. Ada kemungkinan SMS Funzone 9192 datang kembali secara periodik dan anda harus mengulangi step UNREG FUN atau STOP kembali, yang artinya secara periodik ada kemungkinan anda harus kehilangan pulsa lagi sebesar Rp 3.850, –
  6. Anda dapat melaporkan ketidaknyamanan anda ke pengaduan@brti.or.id (Layanan Pengaduan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia)

Silahkan dibaca juga postingan Kaskus di bawah ini:

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=296922785

http://archive.kaskus.us/thread/3062901/120

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5633255

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4648393&page=5